Mengisi Waktu Luang dengan Bercocok Tanam Tanaman Hias



Saat ini masyarakat sedang banyak berkutat dengan tanaman hias sebagai salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang di tengah aktivitas di rumah ketika pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Pedagang tanaman hias pun mulai ramai dengan beragam jenis tanaman yang siap dijual. Pasar tanaman hias tengah mengalami tren peningkatan yang sangat baik. Di era new normal ini penggemar tanaman hias meningkat seiring dengan diterapkannya kebijakan pembatasan kegiatan berkumpul-kumpul di luar rumah.




Banyak sekali ragam tanaman hias yang bisa dijadikan pilihan untuk mempercantik halaman rumah. Misalnya beberapa tanaman berikut ini yang saya tanam di halaman rumah:


1. Bunga Krokot atau Moss Rose

Bunga krokot atau Moss Rose memiliki warna bunga yang sangat indah dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.Tanaman ini sering tumbuh di pekarangan rumah, tetapi banyak orang mengira tanaman ini sebagai gulma atau tanaman liar. Bunga krokot sangat cocok ditanam oleh pemula karena bunganya tidak mudah mati dan mampu bertahan hidup tanpa memerlukan perawatan yang rumit. Selain itu, harganya juga tidak mahal.


2. Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan tumbuhan yang memiliki nama latin Sansevieria. Selain dikenal dengan nama lidah mertua, tumbuhan ini juga banyak disebut dengan tusuk gigi gajah dan snake plant atau tanaman ular. Bila dilihat, tumbuhan lidah mertua memiliki daun yang panjang, runting dan bercorak seperti sisik ular. Tumbuhan ini memiliki daun yang tebal dan keras. Ia juga dapat beradaptasi dan mudah berkembang dalam berbagai kondisi. Bahkan perawatannya juga sangat minim. Tumbuhan lidah mertua tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Ia juga dapat hidup dengan sedikit cahaya matahari.


3. Bunga Rombusa

Bunga rombusa adalah salah satu jenis bunga semak yang memiliki bunga dengan warna putih keunguan yang tampak sangat cantik dan indah, bunga rombusa tergolong ke dalam salah satu jenis tanaman semak yang mempunyai daun lancip dengan sejenis rimbun dan juga berbatang cukup kecil. Bunga dari bunga rombusa ini tumbuh jarang dan juga mempunyai setidaknya 4 mahkota yang sungguh mempesona, bunga ini sering di tanam di halaman rumah sebagai bunga hiasan.


4. Tanaman Pucuk Merah

Pucuk merah atau daun pucuk merah adalah spesies tumbuhan yang dikenal sebagai tanaman hias yang berasal dari genus Syzygium. Warna tunas daun yang baru muncul memiliki warna merah menyala sehingga tumbuhan ini memiliki sebutan Pucuk Merah. Warna daun akan berubah perlahan menjadi hijau seiring berjalannya waktu.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar